Jumat, 28 Maret 2014

Mengenal Para Sahabat Nabi (1)




1. Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu
Abdurrahman bin Shakhr ad-Dausi, masuk islam pada tahun khaibar, 7 Hijriah, ia belajar langsung kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, dan merupakan perawi hadis yang meriwayatkan hadis paling banyak jumlahnya (5374 hadis). Wafat pada tahun 57 Hijriah di Madinah.

2. Abu Sa`id Radhiyallahu ‘Anhu
Sa`ad bin Malik bin Sannan al-Khudri al-Anshari al-Khazraji, 12 perang telah ia ikuti bersama Nabi  Shallallahu ‘alaihi wasallam, perang yang pertama kali ia ikuti adalah perang khandaq. Wafat pada tahun 74 Hijriah, dan dimakamkan di Baqi`.

3. Abu Umamah Radhiyallahu ‘Anhu
Shudayy bin `Ajlan al-Bahili, tinggal di Syam dan wafat disana pada tahun 81 Hijriah, dan dalam pendapat lain beliau wafat pada tahun 86 Hijriah.

4. Ibnu `Umar Radhiyallahu ‘Anhuma
Abu `Abdirrahman `Abdullah bin `Umar bin al-Khattab bin Nafil al-Qurasyi al-`Adawi al-Madani al-Faqih. Masuk islam ketika ia masih kecil bersama ayahnya `Umar bin al-Khattab Radhiyallahu ‘Anhu. Perang yang pertama kali ia ikuti adalah perang khandaq. Wafat di Makkah pada tahun 73 Hijriah.

5. Ibnu `Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma
Abu al-`Abbas Abdullah bin `Abbas bin `Abdul Muththalib al-Hasyimi al-Qurasyi, cendikiawan umat dan merupakan salah satu ahli fikih dari sahabat, serta mendapatkan gelar Turjuman al-Qur’an (Juru Bicara al-Qur’an). Wafat di Tha’if  pada tahun 68 Hijriah.

Rabbi Zidni Naf`an

Sebarkan kepada orang yang anda cintai,
Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan maka baginya pahala seperti orang yang melaksanakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar